SEKOLAH KRISTEN CALVIN

Alamat Kami :
Menara Calvin
Kompleks RMCI
Jln. Industri Blok B14 Kav - 1
Jakarta Pusat 10720
Telp : ( 021 ) 65867812
Faks. : ( 021 ) 65867813

 

beranda | berita | perayaan paskah keluarga besar sekolah kristen calvin 2017

Perayaan Paskah Keluarga Besar Sekolah Kristen Calvin 2017

 

Pada tanggal 21 April 2017 (Jumat) yang lalu, Sekolah Kristen Calvin mengadakan kebaktian Paskah untuk mengingat dan merayakan kebangkitan Yesus Kristus atas kuasa dosa dan maut. Tema Paskah tahun ini adalah “Kubur yang Kosong” dan dihadiri oleh guru, staf, siswa, dan orang tua siswa.

 

Acara dimulai pukul 16.00. Di dalam keteduhan jemaat memasuki kebaktian Paskah, liturgis (Bpk. Erwan) membacakan ayat Alkitab dari Lukas 24: 5-7, “Mereka sangat ketakutan dan menundukkan kepala, tetapi kedua orang itu berkata kepada mereka: ‘Mengapa kamu mencari Dia yang hidup, di antara orang mati? Ia tidak ada di sini, Ia telah bangkit. Ingatlah apa yang dikatakan-Nya kepada kamu, ketika ia masih di Galilea, yaitu bahwa Anak Manusia harus diserahkan ke tangan orang-orang berdosa dan disalibkan, dan akan bangkit pada hari ketiga.’”

 

Pembacaan berita kebangkitan Yesus ini disambut dengan suara terompet kemenangan dari organ. Seusai suara terompet dikumandangkan, liturgis dan pemimpin pujian (Ibu Vik. Elsa Pardosi) memimpin jemaat menyanyikan lagu “Kristus Yesus Bangkitlah” dan “Mulia dan Menang”.

 

Paduan suara SMP, yang dipimpin oleh Ibu Elsa, kemudian mempersembahkan pujian “Take Up Your Cross”. Lagu yang ditulis oleh Charles W. Everest dan Isaac Watts ini memberikan dorongan kepada jemaat untuk setia memikul salib dan mengikuti Yesus. Bait pertama pujian ini berbunyi demikian.

 

“Take up your cross,” the Savior said,
“If you would my disciple be:
Take up your cros with willing heart,
And humbly follow after me.”

 

Setelah itu, Bpk. Roy Pangemanan, Kepala Sekolah SMP Kristen Calvin, memimpin jemaat untuk berdoa syafaat. Beliau mengajak jemaat sekalian untuk membuka suara dan mendoakan orang Kristen agar menghidupi makna Paskah dan agar bangsa Indonesia mendapat belas kasihan Tuhan dan menjadi bangsa yang diberkati oleh Tuhan.

 

Klub Drama gabungan SMP dan SMA kemudian mementaskan sebuah drama Kristen yang berjudul “Di Manakah Engkau?” Naskah drama ini ditulis oleh Pdt. Jusak Widjaja, salah seorang hamba Tuhan senior Gereja Reformed Injili Indonesia. Drama ini mengisahkan “akhir” hidup seorang pengusaha yang tidak jujur dan berhati jahat, tapi mengaku Kristen. Di persimpangan jalan antara sorga dan neraka, pengusaha tersebut akhirnya menyadari arti menjadi seorang yang sungguh-sungguh diselamatkan.

 

Drama yang berdurasi 15 menit tersebut merupakan pengantar kepada acara inti kebaktian Paskah SKC, yaitu pemberitaan firman Tuhan. Bpk. Pdt. Ivan Kristiono, M. Div., M.Hum. mengajak jemaat untuk membaca dan merenungkan 1 Korintus 15, yang di dalamnya Paulus memberikan bukti-bukti kebangkitan Kristus dan menjelaskan arti kebangkitan tersebut kepada jemaat di Korintus. Dengan latar belakang kisah kebangkitan Kristus, Pdt. Ivan membekali jemaat untuk bersaksi bagi Kristus, termasuk menjawab orang-orang yang mempertanyakan iman jemaat kepada Tuhan Yesus, baik ketuhanan-Nya maupun fakta kematian dan kebangkitan-Nya. Selain itu, beliau juga menguatkan iman dan pengharapan jemaat terhadap Kristus yang sudah bangkit, bahwa meskipun masih ada sakit dan penderitaan pada saat ini, orang Kristen mempunyai pengharapan kekal di dalam Kristus yang sudah mengalahkan kuasa maut.

 

Khotbah Pdt. Ivan kemudian ditutup dengan persembahan pujian grup vokal SMA, yang menaikkan pujian “Cantate Domino”. Dengan Ibu Margaretha Pardede Santoso sebagai dirigen, mereka memuji Tuhan dengan lirik Latin, yang terjemahan bahasa Inggrisnya adalah sebagai berikut.

 

Sing to the Lord, Sing a new song
Sing to the Lord, Sing, all the Earth
Sing to the Lord, Bless His Name
Sing to the Lord, His glory proclaim

 

Karena anugerah Tuhan, seluruh rangkaian Kebaktian Paskah Keluarga Besar Sekolah Kristen Calvin telah berjalan dengan baik dan menjadi berkat bagi jemaat yang hadir. Puji dan mulia bagi Raja yang telah bangkit!